Oleh admin kalbemed pada October 02, 2018 06:00

Penambahan Probiotik dan Zinc Meningkatkan Potensi ORS

Oral rehydration solution (ORS) direkomendasikan pada bayi dan anak dengan diare akut yang bertujuan untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Suplementasi zinc bermanfaat untuk bayi dan anak dengan diare akut yang tinggal di negara-negara berkembang, namun efektivitasnya tidak dapat didefinisikan dengan baik.

Selain itu juga strain tertentu dari probiotik menunjukkan dapat menurunkan durasi dan beratnya diare pada anak dengan diare akut dan efeknya lebih baik jika pemberian probiotik tidak lebih dari 60 jam setelah adanya gejala. Lactobacillus reuteri ATCC 55730 dilaporkan mempunyai efek manfaat dalam menurunkan durasi dan beratnya gastroenteritis akut baik disebabkan karena bakteri maupun virus (rotavirus) pada bayi dan batita usia 6-36 bulan.

Namun, strain tersebut ditemukan adanya resistensi terhadap tetrasiklin dan linkomisin, dan oleh karena alasan tersebut maka muncul strain baru untuk menggantikannya yaitu Lactobacillus reuteri DSM 17938. Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa Lactobacillus reuteri DSM 17938 mempunyai efektivitas yang baik untuk menurunkan dengan dosis 1x108 CFU selama 5 hari.

Penelitian terkait suplementasi ORS yang dikombinasikan dengan Lactobacillus reuteri DSM 17938 dan zinc belum pernah dilaporkan. Oleh karena itu, dilakukan penelitian ini dengan tujuan untuk menilai apakah ORS yang dikombinasikan dengan Lactobacillus reuteri DSM 17938 dan zinc lebih superior atau ekuivalen dengan ORS tanpa dikombinasi dengan probiotik dan zinc untuk terapi diare akut pada bayi dan anak.

Sebanyak 51 bayi sebagai responden, yang mendapatkan kombinasi ORS+Lr+Z dan kelompok pembanding yang hanya mendapatkan ORS standar. Parameter yang dinilai adalah volume dan konsistensi feses sebelum dan setelah terapi dengan menggunakan Amsterdam Infant Stool Scale; pemberian obat-obatan serta membutuhkan perawatan atau tidak.

Hasilnya menunjukkan pada kedua kelompok secara bermakna mengalami penurunan beratnya diare pada hari kedua, sedangkan outcome secara keseluruhan (kebutuhan obat-obatan yang menurun dan tidak membutuhkan perawatan) menunjukkan lebih baik pada kelompok perlakuan. [LAI]

Image: Ilustrasi
Referensi:
1. Maragkoudaki M, Chouliaras G, Moutafi A, Thomas A, Orfanakou A, Papadopoulou A. Efficacy of an Oral Rehydration Solution Enriched with Lactobacillus reuteri DSM 17938 and Zinc in the Management of Acute Diarrhoea in Infants: A Randomized, Double-Blind, Placebo-Controlled Trial. Nutrients 2018;10:1189. doi:10.3390/nu10091189.
2. Allen SJ, Martinez EG, Gregorio GV, Dans LF. Probiotics for treating acute infectious diarrhoea. Cochrane Database Syst. Rev. 2010.
3. Bajait C, Thawani V. Role of zinc in pediatric diarrhea. Indian J Pharmacol. 2011;43(3):232–35. doi:10.4103/0253-7613.81495.

Comments

There are currently no comments, be the first to post one.

Post Comment

Only registered users may post comments.