Oleh admin kalbemed pada September 28, 2018 06:00

Wanita Pengidap Diabetes Meningkat Risikonya Terkena Kanker

Diabetes meningkatkan risiko bagi wanita untuk mengidap kanker dibandingkan pria. Wanita berisiko akan 4 jenis kanker, di mana hasil ini berasal dari review sistematik berskala besar.

Review serta meta-analisis ini melibatkan lebih dari 19 juta individu di 47 studi. Penelitian telah dipublikasikan secara online pada Diabetologia pada bulan Juli ini. Diketahui bahwa diabetes terkait dengan beberapa jenis kanker yang site-specific. Kanker menjadi penyebab kematian kedua di dunia. Pada tahun 2015 saja terdapat 17,5 juta insidens kanker dan 8,7 juta kematian karena kanker secara global. Diperkirakan 1 dari 4 wanita dan 1 dari 3 pria mengalami kanker selama masa hidupnya. Insidens kanker pun diprediksi mengalami peningkatan dalam dekade berikutnya. Ternyata kondisi yang sama juga terjadi karena prevalensi diabetes juga semakin meningkat setiap tahunnya dan saat ini sekitar 415 juta kasus diabetes terjadi di seluruh dunia.

Ditemukan bahwa wanita diabetes mengalami peningkatan risiko sebesar 27% dari semua kanker dibandingkan wanita non DM, versus peningkatan sebesar 19% pada pria dengan diabetes. Wanita diabetes juga mengalami peningkatan 6% terhadap kanker pada semua tempat dibandingkan pria diabetes.

Diperkirakan peningkatan risiko kanker pada wanita diabetes ini karena kecenderungan penyakit yang tidak tertangani dengan baik dibandingkan pada pria, sehingga mereka tidak mendapatkan perawatan secara intensif ataupun memiliki kepatuhan yang rendah terhadap pengobatan. Wanita juga telah terbukti memiliki durasi gangguan toleransi glukosa yang lebih lama dibandingkan pada pria dan memiliki paparan yang lebih besar terhadap kondisi hiperinsulinemia yang tidak diterapi.

Dalam studi ini terlihat bahwa wanita memiliki peningkatan risiko akan kanker ginjal, oral dan perut, leukemia, namun berisiko rendah terhadap kanker hati. Walaupun demikian belum dapat ditentukan dengan pasti pola yang jelas antara kanker yang spesifik yang terkait dengan diabetes.[PMP]


Image: Ilustrasi
Referensi: Davenport L. Women with diabetes face greater cancer risk than men [Internet]. 2018 [cited 2018 July 27]. Available from: https://www.medscape.com/viewarticle/899598.

Comments

There are currently no comments, be the first to post one.

Post Comment

Only registered users may post comments.