Oleh admin kalbemed pada September 14, 2018 06:00

Apakah Olahraga Dapat Menurunkan Risiko Kanker?

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa olahraga sangat bermanfaat untuk kesehatan. Tapi apakah Anda tahu bahwa olahraga juga sangat bermanfaat terutama dalam kaitannya dengan kanker? Olahraga dapat bermanfaat menurunkan risiko kanker, dengan cara mengontrol berat badan, hormon dan sistem daya tahan tubuh.  Selain itu, olahraga juga bermanfaat untuk meningkatkan kualitas hidup pasien kanker yang sedang menjalani pengobatan.

Sebuah penelitian baru yang dilakukan oleh American Cancer Society and the National Cancer Institute, menemukan bahwa olahraga daapt menurunkan risiko terjadinya 13 jenis kanker. Berita ini penting karena sebelumnya hanya diketahui bahwa olahraga dapat bermanfaat menurunkan risiko 3 jenis kanker yaitu kanker kolon, kanker payudara dan kanker endometrium.

Menurut penelitian baru yang diterbitkan ini, diketahui bahwa olahraga juga dapat menurunkan risiko kanker esofagus, kanker hati, kanker lambung, kanker ginjal, dan leukemia myeloid. Selain itu, olahraga juga berhubungan dengan penurunan risiko myeloma multiple, kanker kepala dan leher, kanker rektum, kanker kandung kemih, dan kanker paru. Penelitian ini sangat besar karena melibatkan 1,4 juta partisipan. Menurut penelitian baru ini, olahraga yang disarankan adalah olahraga intensitas sedang (moderate intensity) selama 150 menit / minggu atau intensitas tinggi selama 75 menit / minggu (vigorous intensity).

Penelitian ini menambah bukti bahwa olahraga dapat menurunkan risiko kanker dan sangat disarankan agar setiap individu berolahraga secara rutin. Pilih olahraga yang Anda suka lalu olahraga lah secara rutin. [NNO]
 

Image: Ilustrasi
Referensi: Exercise Linked With Lower Risk of 13 Types of Cancer [Internet]. [cited 2018 Aug 29]. Available from: https://www.cancer.org/latest-news/exercise-linked-with-lower-risk-of-13-types-of-cancer.html