Oleh admin kalbemed pada January 30, 2018 06:00

Pilih Prebiotik yang Mana, GOS, FOS, ataukah Inulin?

Seperti diketahui, prebiotik merupakan  karbohidrat rantai pendek yang tidak dicerna oleh saluran cerna bagian atas tetapi akan difermentasi di dalam kolon.  Beberapa manfaat dari konsumsi prebiotik adalah:

a. Membantu pertumbuhan bakteri  baik (porbiotik) baik Bifidobacterium maupun  Lactobacillus.
b. Membantuk proses penyerapan mineral di dalam saluran cerna  (misalnya: kalsium,  magnesium, besi dsb).
c. Dengan  bertambahnya populasi  probiotik  akibat pemberian prebiotik, maka secara tidak langsung akan membantu menekan pertumbuhan bakteri pathogen (misalnya: Clostridium difficile).
d. Difermentasioleh bakteri kolon dan menghasilkan produk-produk fermentasi yang berguna bagi kesehatan saluran cerna, dan tubuh secara umum, misalnya: SCFA.

Dari beberapa prebiotik, FOS, GOS dan inulin  merupakan prebiotik yang  realtif banyak studinya dan sering digunakan. Beberapa studi baik invitro –invivo  maupun uji klini mengenai prebiotik dapat dipakai sebagai gambaran  untuk melihat  profil dari beberapa prebiotik tsb.

1. Efek  prebiotik terhadap pertumbuhan probiotik & pathogen
Dari salah satu data studi diperoleh bahwa, baik FOS, GOS dan inulin tidak berbeda  terhadap efek bifidogenik, dan  menekan pertumbuhan bakteri C. difficile, walaupun jika dilihat angka-per angka terlihat cenderung hasilnya lebih baik/ lebih besar pada kelompok GOS.

2. Efek terhadap  penyerapan mineral
Efek penyerapan zat besi, kelihatannya paling tinggi adalah pada kelompok yang mendapat FOS, walupun tidak berbeda bermakna. Sedang efek  terhadap penyerapan kalsium, suplementasi baik FOS maupun GOS memberikan hasil yang sebanding, dan relative lebihbaik dari inulin.

3. Variasi hasil produk fermentasinya
Hasil produk fermentasi  (acetate, propionate, butyrate, SCFA) dari prebiotik  baik FOS maupun GO tidak berbeda bermakna. Dari data-data diatas, secara umum dapat disimpulkan, walapun dengan data terbatas, dari beberapa parameter diatas kelihatannya FOS, GOS, Inulin adalah sebanding, namun FOS dan GOS lebih menonjol dari Inulin.


Image: Ilustrasi 
Refernsi:
1. Tzortzis G, Goulas AK,  Gee JM. et al.  A Novel Galactooligosaccharide Mixture Increases the Bifidobacterial  Population Numbers in Continuous in Vitro fermentation System  the Proximal Colonic Contents of Pig in Vivo.  J Nutr 2005;135:1726-31.
2. Van Del Heuvel EG, Scaafsma G, Muys T,. et al. Nondigestible Oligosaccharides do not Interfere with Calcium and Nonheme-Iron Absorption in Young, Healthy Men.  Am J Clin Nutr 1998;67:445-51.
3. Flickinger EA, Wolf B, Garleb K,. Etal. Glucose-Based Oligosaccharides Exhibit Different In Vitro fermentation Patterns and Affect In Vivo Apparent Nutrient Digestibility and Microbial Population in Dogs.  J Nutr 2000;130:1267-73.
4. Hokins MJ, Macfarlane GT,. Nondigestible ligosaccharides enhance Bacterial Colonization  Resistance against Clostridium difficile In Vitro. Applied and environmental Microbiology 2003;69(4):1920-7.
5. Macfarlane S, Cummins DH. Review Article: Prebiotics  in Gastrointestinal tract. Alimentary  Pharmacol Ther 2006;24:701-14.

Related Articles

Efikasi dan Keamanan Penggunaan Aloclair Gel pada Anak Sebuah penelitian dilakukan untuk menilai efikasi dan keamanan penggunaan obat Aloclair pada anak yang dilakukan dari 2 Januari - 28 Februari 2002. Pe...
Kondisi Pre-diabetes Meningkatkan Risiko Menderita Penyakit Jantung dan Ginjal Temuan dari meta-analisis, studi observasional, dan studi klinik acak menunjukkan bahwa pasien dengan kondisi pre-diabetes memiliki 3-12 kali lipat pe...
Buah Merah, Berpotensi Mempunyai Aktivitas Menghambat Sel Kanker Buah merah merupakan tanaman endemik yang tumbuh di hampir seluruh wilayah Papua, mulai dari dataran rendah sampai dataran tinggi pada kondisi tanah y...
Penggunaan Antioksidan sebelum Tabir Surya Efektif dalam Pengobatan Melasma Sebuah regimen penggunaan antioksidan topikal dengan potensi tinggi yang diikuti oleh tabir surya berbasis mineral dapat membantu memperbaiki kerusaka...
Suplementasi Jus Bit untuk Menurunkan Tekanan Darah Tekanan darah tinggi (hipertensi) merupakan tantangan kesehatan global yang besar dengan angka kejadian tinggi dan banyak komplikasi yang tidak diingi...

Comments

There are currently no comments, be the first to post one.

Post Comment

Only registered users may post comments.