Kebisingan Lalulintas dan Polusi Udara, Adakah Korelasinya Dengan Risiko Kardiometabolik?

Endocrine, nutritional and metabolic diseases

Endocrine, nutritional and metabolic diseases

Lalulintas dan polusi udara merupakan dua stresor lingkungan yang paling sering dijumpai dan keduanya telah diasosiasikan dengan penyakit kardiovaskular dalam beberapa studi. Menurut teori yang dikemukakan oleh Babisch, kebisingan lalulintas sebagai stresor lingkungan berdampak negatif pada kesehatan baik melalui jalur langsung (seperti gangguan tidur) maupun tidak langsung (seperti rasa jengkel). 
 

Penggunaan Statin Pada Usia Lanjut, Apa Pengaruhnya?

Ischaemic heart diseases

Ischaemic heart diseases

Usia lanjut diketahui sebagai faktor risiko definitif dan kuat untuk penyakit jantung dan pembuluh darah aterosklerotik, tanpa memandang ras seseorang. Risiko jantung dan pembuluh darah juga meningkat seiring peningkatan kadar kolesterol baik pada individu usia muda maupun tua. Mempertimbangkan risiko absolut jantung dan pembuluh darah meningkat seiring pertambahan usia, manfaat absolut terapi penurunan lipid akan bertambah pada pasien berusia lanjut. Bagaimanakah dukungan ilmiah atas hipotesa ini?

Kapan Waktu Terbaik Konsumsi Statin?

Metabolic disorders

Metabolic disorders

The 3-hydroxy-3-methylglutaryl coenzyme A (HMG-CoA) reductase inhibitors (statin) merupakan obat yang sangat efektif untuk menurunkan peningkatan kadar kolesterol dalam plasma. Statin menurunkan kolestrol LDL dan trigliserida (TG) hingga 50% dan 20%, secara berurutan.

123456