Pencegahan Primer Penyakit Kardiovaskuler Menurut Panduan ACC/AHA 2019, Apa Sajakah itu?

Diseases of the circulatory system

Diseases of the circulatory system

The American College of Cardiology (ACC) dan American Heart Association (AHA) telah meluncurkan guideline berbasis evidens baru mengenai pencegahan primer penyakit kardiovaskular (PKV) yang mencakup rekomendasi layanan berbasis-pasien, penggunaan aspirin, nutrisi dan berat badan, penghentian merokok, serta penanganan diabetes. Guideline ini dipresentasikan pada pertemuan tahunan ACC pada bulan Maret 2019.

Asupan Magnesium Cukup, Risiko Hipertensi Berkurang.

Hypertensive diseases

Hypertensive diseases

Magnesium merupakan nutrien mineral yang menduduki peringkat keempat jumlah terbesar dalam tubuh manusia dan memegang peranan penting dalam regulasi tekanan darah. Dari studi di atas menunjukkan bahwa, asupan magnesium menurunkan risiko insidens hipertensi dengan pola terkait-dosis. Konsumsi magnesium seringkali inadekuat dan rendah di kalangan populasi dewasa di seluruh dunia, maka disarankan untuk meningkatkan asupan magnesium dari diet.

 

Apakah Kontrol Tekanan Darah (TD) Agresif Mencegah Rekurensi AF?

Diseases of the circulatory system

Diseases of the circulatory system

Atrial fibrillation (AF) merupakan bentuk aritmia yang paling sering dijumpai dan berkaitan dengan morbiditas, mortalitas, dan biaya yang bermakna. Ablasi kateter radiofrekuensi untuk AF telah menjadi terapi penting untuk AF, namun angka rekurensi AF tetap tinggi. Rekurensi AF setelah suatu ablasi dapat disebabkan keterbatasan teknik ablasi, seperti pemulihan dari konduksi pada regio antrum vena pulmonaris, atau dapat juga dikarenakan keberadaan substrat aritmogenik atrial yang tidak dapat dimodifikasi oleh ablasi saja.

Mungkinkah Kadar Kalium Darah Dipakai Sebagai Prediktor Mortalitas Pasien Gagal Jantung?

Diseases of the circulatory system

Diseases of the circulatory system

Kadar kalium dalam serum rutin diperiksa selama perawatan di rumah sakit (RS) karena acute heart failure (AHF). Dalam guidelines untuk heart failure (HF), direkomendasikan untuk memeriksa kalium setiap hari selama terapi dengan diuretik loop intravena. Kadar kalium pada saat masuk RS berkaitan dengan terapi diuretik loop dan aktivasi neurohormonal intensif. 

123456