Pro-Kon Multivitamin Intravena, Sebaiknya Bagaimana?
Tuesday, December 10, 2019

Pro-Kon Multivitamin Intravena, Sebaiknya Bagaimana?

Terapi mikronutrien yang dilakukan secara intravena (iv) atau disingkat IVMT - Intravenous micronutrient therapy, mendapatkan popularitas yang tinggi setelah di-pioneer-kan oleh Dr. John Myers yang rutin memberikan infus iv yang mengandung campuran vitamin dan nutrisi untuk pasien dalam berbagai jenis. Setelah Dr. John Myers meninggal, Dr. Alan Gaby melanjutkan terapi menggunakan vitamin ini pada pasien Dr. Myers dengan versi adapsinya yang disebut sebagai Myers cocktail yang mengandung magnesium klorida, kalsium glukonate, tiamin, vit B6, dan B12, Kalsium pantotenat, vitamin C dan B kompleks dan asam hidroklorat yang diencerkan. Dr. Gaby menggunakan terapi IVMT ini dan mendapatkan popularitas di seluruh US. 

IVMT dapat digunakan pada pasien dengan dehidrasi, fatigue, dan defisiensi nutrien. Infus ini diformulasikan berdasarkan riwayat pasien dan kuesioner yang diperiksa oleh dokter atau perawat. Kontraindikasi terapi ini adalah gangguan kalium, masalah jantung tertentu, dan pasien yang mengonsumsi obat-obatan tertentu. Setelah terapi, pasien merasa lebih tenang dan bertenaga dengan perbaikan pada kulit dan kuku. 

Beberapa penelitian yang pernah dilakukan untuk menilai efikasi IVMT, di mana biasanya menggunakan metode kohort pada pasien dengan kondisi spesifik. Pada tahun 2002, Dr. Gaby merubah Myers Cocktail sehingga IVMT juga dapat efektif pada pasien dengan asma akut, migrain, fatigue, fibromialgia, spasme otot akut, infeksi saluran napas atas, sinusitis kronik, rhinitis alergi, penyakit kardiovaskuler, dan kelainan lainnya. Myers’ cocktail merupakan campuran yang aman dan efektif. 

Pemberian IVMT pada pasien tidak hanya ditujukan untuk memberikan penampilan yang baik tapi juga merasa baik. Infus IV merupakan cara yang bermanfaat untuk mengembalikan sel dan memperbaiki kondisi umum tubuh. Kebanyakan orang menggunakan IVMT untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengoptimalisasi kesehatan mereka. Kebanyakan orang mengonsumsi suplemen, namun absorpsi dari suplemen yang diminum tidak optimal dan bergantung pada berbagai hal seperti kesehatan usus, fungsi hati yang sehat dan sel membran yang sehat. 

Terdapat beberapa nutrien yang dapat bermanfaat untuk tubuh jika dikonsumsi dalam konsentrasi besar seperti vitamin C yang diketahui memiliki efek antiviral pada konsentrasi serum 10-15 mg/dL, di mana kadar ini tidak bisa didapatkan dari konsumsi vitamin C oral saja. Kebanyakan orang mengonsumsi viamin C 500 mg-1 gram per hari namun dosis 2,5 gram vitamin C hanya dapat meningkatkan konsentrasi serum sekitar 1,2-1,5 mg/dL. 

Vitamin C seperti banyak vitamin lain yang digunakan pada IVMT (vit B1,B2,B3,B6, dan B12) merupakan jenis vitamin larut air, sehingga vitamin ini akan dikeluarkan oleh tubuh jika sudah tidak diperlukan. NICE (National Institute for Health and Care Excellence) merekomendasikan beberapa suplemen untuk kelompok yang memiliki risiko mengalami defisiensi, seperti: Asam folat untuk ibu hamil dan yang merencanakan kehamilan. Vitamin D untuk anak-anak, orang tua, hamil dan menyusui dan orang-orang yang tidak mendapat pajanan sinar matahari yang cukup. Suplemen spesifik sesuai kondisi medis seperti besi untuk menangani anemia defisiensi besi. 

Pemberian IVMT tetap memberikan risiko terjadinya reaksi alergi berat atau syok anafilaktik sehingga sebaiknya infus IV dilakukan di rumah sakit yang dapat memberikan penanganan jika kejadian gawat darurat terjadi. 

 

 

Image: Ilustrasi
Referensi: 
1. Gaby A. Intravenous nutrient therapy: the ‘Myers’ cocktail’, Alternative Medicine Review, 2002;7(5):389-403
2. Moorkens G, Manuel y Keenoy B, Vertommen J, Meludu S, Noe M, De Leeuw I. Magnesium deficit in a sample of the Belgian population presenting with chronic fatigue. Magnesium Research 1997;10:329-37
3. Ali A, Njike VY, Northrup V, Sabina AB, Williams AL, Liberti LS, et al. Intravenous micronutrient therapy (Myers’ cocktail) for fibromyalgia: A placebo-controlled pilot study. Journal of Alternative and Complementary Medicine, 2009;15(3):247-57.
4. Guallar E, Stranges S, Mulrow C, Appel LJ, Miller ER, Enough is enough: Stop wasting money on vitamin and mineral supplements, Annals of Internal Medicine, 2013;159(12):850-1, doi:10.7326/0003-4819-159-12-201312170-00011

Please login or register to post comments.