Detail Article
Celecoxib Lebih Efektif untuk Mengurangi Nyeri Pascabedah Ekstraksi Molar Ketiga
nugroho nitiyoso
Nov 13
Share this article
img-sakit-gigi1.jpg
Updated 24/Agt/2022 .

Impaksi gigi mandibular molar ketiga tak jarang menyebabkan rasa nyeri/ sakit gigi hingga menurunkan kualitas hidup pasien. Untuk mengobati impaksi gigi ini dapat dilakukan tindakan bedah ekstraksi molar ketiga, yang akan mengakibatkan nyeri pasca-bedah.

Dr. Isola dan tim melakukan sebuah uji klinik yang diterbitkan tahun 2019, yang membandingkan efektivitas antara pengobatan analgetik menggunakan ibuprofen vs celecoxib, dan juga plasebo, untuk nyeri pasca-bedah ekstraksi molar ketiga. Parameter yang dievaluasi adalah skor nyeri yang diukur menggunakan visual analog scale pada 2 jam, 6 jam, 12 jam, 24 jam, dan 48 jam.


Hasilnya didapatkan bahwa nyeri pada 6 jam, 12 jam, dan 24 jam, lebih rendah secara bermakna pada kelompok celecoxib dibandingkan dengan semua kelompok lainnya.


Kesimpulan:

Celecoxib lebih efektif dibandingkan ibuprofen, untuk mengurangi nyeri pascabedah ekstraksi molar ketiga.

 

Image: Designed by Freepic.diller / Freepik

Referensi:

Isola G, Matarese M, Ramaglia L, Cicciù M, Matarese G. Evaluation of the efficacy of celecoxib and ibuprofen on postoperative pain, swelling, and mouth opening after surgical removal of impacted third molars: A randomized, controlled clinical trial. Int J Oral Maxillofac Surg. 2019;48(10):1348-54.

Share this article
Related Articles