Asam Asetilsalisilat Bermanfaat Mencegah Pre-eklamsi Prematur
Monday, September 23, 2019

Asam Asetilsalisilat Bermanfaat Mencegah Pre-eklamsi Prematur

Preeklamsia merupakan penyebab utama kesakitan dan kematian pada ibu hamil dan janin. Konsekuensi preeklamsia lebih nyata teramati pada kelahiran prematur. Beberapa studi acak mempelajari kemungkinan pencegahan preeklamsia dengan menggunakan aspirin

Sejumlah meta analisis dari uji acak terkontrol melaporkan hasil-hasil yang saling berkontradiksi mengenai efek aspirin dalam pencegahan preeklamsia, baik tentang usia kehamilan berapa untuk memulai terapi maupun dosis obat yang diberikan. 

Kontroversi tersebut coba ditelaah oleh Roberge S dan kolega dalam ulasan sistematik dan meta-analisis mereka yang mengevaluasi efek profilaksis aspirin dalam kehamilan. Studi ini meliputi 18.907 partisipan dari enam belas uji yang menyediakan data tentang preeklamsia pada kehamilan prematur dan matur. 

Dalam studi tersebut, terdapat heterogenitas tinggi untuk preeklamsia prematur dan matur; namun tidak ditemukan heterogenitas pada sub-kelompok preeklamsia prematur dengan onset terapi pada usia gestasi ≤ 16 minggu dan dosis harian aspirin ≥ 100 mg. Pemberian aspirin dikaitkan dengan penurunan secara bermakna risiko preeklamsia prematur, namun tidak dijumpai efek bermakna pada preeklamsia matur. Penurunan preeklamsia prematur terbatas pada sub-kelompok dimana aspirin diinisiasi pada usia gestasi ≤ 16 minggu dan dosis harian ≥ 100 mg.

Dari studi tersebut menunjukkan bahwa aspirin menurunkan risiko preeklamsia prematur, namun tidak preeklamsia matur, dan hanya bila terapi dimulai pada usia gestasi ≤ 16 minggu dan dosis harian ≥ 100 mg.

 

 

Silahkan baca juga:Glisodin, antioksidan lini utama

Image: Ilustrasi (sumber: https://bossierpress.com)
Referensi:
1. Roberge S, Bujold E, Nicolaides KH. Aspirin for the prevention of preterm and term preeclampsia: systematic review and metaanalysis. Am J Obstet Gynecol. 2018 Mar;218(3):287-93. 
2. Roberge S, Nicolaides KH, Demers S, Villa P, Bujold E. Prevention of perinatal death and adverse perinatal outcome using low-dose aspirin: a meta-analysis. Ultrasound Obstet Gynecol 2013;41:491-9. 
3. Meher S, Duley L, Hunter K, Askie L. Antiplatelet therapy before or after 16 weeks’ gestation for preventing preeclampsia: an individual participant data meta-analysis. Am J Obstet Gynecol 2017;216:121-8.e2.

Please login or register to post comments.