Detail Article
Sekilas Mengenal Cacar Monyet, Apa dan Bagaimana.
Dokter Kalbemed
Mei 12
Share this article
img-Monkeypox1.jpg
Updated 02/Agt/2022 .

Monkeypox atau cacar monyet adalah zoonosis virus, yaitu penyakit yang ditularkan dari hewan ke manusia. Ini dapat ditularkan melalui kontak dengan darah, cairan tubuh, atau lesi kulit atau mukosa hewan yang terinfeksi. Infeksi pada manusia telah didokumentasikan melalui penanganan kera yang terinfeksi, tikus raksasa dan tupai Gambia, dengan hewan pengerat yang kemungkinan besar merupakan reservoir virus.

Monkeypox virus (MPXV) adalah ortopoxvirus yang menyebabkan penyakit virus dengan gejala serupa pada manusia, tetapi lebih ringan, bagi mereka yang terlihat pada pasien cacar. Cacar dinyatakan diberantas pada tahun 1980, sedangkan monkeypox manusia adalah endemik di desa-desa Afrika Tengah dan Barat. Terjadinya kasus sering ditemukan di dekat hutan hujan tropis di mana sering terjadi kontak dengan hewan yang terinfeksi. Tidak ada bukti hingga saat ini bahwa penularan dari orang ke orang saja dapat mempertahankan monkeypox dalam populasi manusia.


Gejala berlangsung dari 14 hingga 21 hari setelah kontak dengan gejala: demam, sakit kepala hebat, limfadenopati (pembengkakan kelenjar getah bening), sakit punggung, mialgia (nyeri otot), dan asthenia yang intens (kekurangan energi). Ruam kulit muncul sering mulai di wajah dan kemudian menyebar di tempat lain di tubuh. Lesi ini berevolusi dari makulopapula (lesi dengan basis datar) ke vesikel (lepuh berisi cairan kecil), pustula, diikuti oleh kerak.


Diagnosis klinis harus mempertimbangkan penyakit ruam lain, seperti cacar (walaupun sudah diberantas), cacar air, campak, infeksi kulit akibat bakteri, kudis, sifilis, dan alergi terkait obat. Monkeypox hanya dapat didiagnosis secara pasti di laboratorium khusus dengan sejumlah tes yang berbeda. Spesimen diagnostik yang optimal berasal dari lesi - usapan lesi eksudat lesi atau kerak yang disimpan dalam tabung kering dan steril (tidak ada media transportasi virus) dan tetap dingin.


Tidak ada perawatan khusus atau vaksin yang tersedia untuk infeksi virus monkeypox, tetapi wabah dapat dikendalikan. Vaksinasi terhadap cacar telah terbukti 85% efektif dalam mencegah monkeypox di masa lalu tetapi vaksin tidak lagi tersedia untuk masyarakat umum setelah dihentikan setelah pemberantasan cacar global. Namun demikian, vaksinasi cacar sebelumnya kemungkinan akan menghasilkan penyakit yang lebih ringan.


Pencegahan terdiri dari menghindari kontak dengan tikus dan primata serta membatasi paparan langsung terhadap darah dan daging yang tidak dimasak dengan baik. Tutup kontak fisik dengan orang yang terinfeksi atau bahan yang terkontaminasi harus dihindari. Sarung tangan dan pakaian pelindung lainnya yang sesuai harus dipakai saat menangani hewan yang sakit atau jaringannya yang terinfeksi dan ketika merawat orang yang sakit.


Petugas kesehatan dan mereka yang merawat atau terpapar pasien dengan monkeypox atau sampel mereka harus mempertimbangkan diimunisasi terhadap cacar melalui otoritas kesehatan nasional mereka.


Image: Ilustrasi (Sumber: https://www.who.int/emergencies/diseases/monkeypox/en/)

Referensi: https://www.who.int/emergencies/diseases/monkeypox/en/

Share this article
Related Articles