Detail Article
Tablet Obat Oral, Bolekah Digerus?
Johan Indra Lukito
Mar 24
Share this article
img-Gerus2.JPG
Updated 22/Jul/2022 .

Pada saat memberikan sediaan obat oral padat seperti tablet kepada pasien, terkadang muncul alasan untuk mempertimbangkan penggerusan tablet. Penggerusan tablet terkadang dapat mengubah karakteristik obat dan berdampak pada pasien dan terapi penyakitnya. Panduan ini dimaksudkan untuk memberikan informasi guna membantu pengambilan keputusan dalam menggerus tablet.

Mengubah wujud sediaan obat oral padat harus dipikirkan sebagai langkah terakhir apabila tidak ada alternatif lain yang lebih baik dan hanya dipraktekkan atas saran yang tepat dari seorang apoteker atau dokter.


Dalam hal mengubah wujud sediaan obat oral padat, pemberi obat harus mempertimbangkan:

  1. Seberapa stabil produk tersebut ketika terpapar lingkungan sekitar
  2. Keamanan orang yang mempersiapkan obat tersebut termasuk risiko paparan terhadap komponen kiimia obat terhadap orang tersebut
  3. Pengaruh perubahan wujud sediaan obat oral padat terhadap jumlah dosis yang harus didapat pasien
  4. Perubahan wujud sediaan obat oral padat dapat berdampak pada khasiat obat dan potensi efek samping, terutama pada obat dengan rentang dosis terapeutik sempit,seperti: phenytoin, digoxin, carbamazepine, sodium valproate, theophylline, lithium, warfarin, citalopram.


Panduan penggerusan beberapa jenis sediaan obat oral tablet :

  • Lepas termodifikasi / Modified release tidak boleh digerus.
  • Salut enterik / Enteric coated dengan lapisan yang ditambahkan untuk melindungi lambung dari paparan obat apabila digerus sebaiknya disertai pemberian bersamaan dengan obat gastroprotektif yang cocok; pertimbangkan interaksi obat.
  • Salut enterik / Enteric coated yang ditujukan untuk menghantarkan obat melewati lambung tanpa mengalami kerusakan tidak boleh digerus.
  • Penggerusan tablet obat hormonal, sitotoksik, steroid dapat menyebabkan obat terdispersi di udara dan pemberi obat dapat secara tidak sengaja terpapar. Pertimbangkan resiko paparan terhadap ibu hamil.
  • Salut selaput dan salut gula / Film & sugar coated ketika digerus dapat mengakibatkan degradasi obat yang cepat, rasa obat menjadi tidak enak, menyebabkan iritasi pada kulit pada pasien atau pemberi obat.
  • Pre-scored tablet tidak boleh digerus apabila memliki sifat obat terlepas secara normal jika dipatahkan, namun dapat dapat menjadi terlepas tak menentu jika digerus, misalnya pada tablet. [dr. Johan Indro L]

 

Image: Ilustrasi

Referensi: Humber NHS. GUIDELINES FOR BREAKING OR CRUSHING TABLETS. Last updated:. 2012 [cited 2017 October 25]. Available from: http://www.humber.nhs.uk/Downloads/Services/Pharmacy/Guidel ines/Breaking%20or%20crushing%20tablets.pdf.

 

Share this article
Related Articles