Detail Article
Kesiapan Indonesia Dalam Antisipasi Wuhan Pneumonia
dr. Kupiya Timbul Wahyudi
Jan 23
Share this article
img-PCR1.jpg
Updated 26/Agt/2022 .

Dunia sedang dikejutkan oleh kabar mengenai wabah Pneumonia yang ditemukan di Wuhan, Tiongkok. Menanggapi hal ini, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Republik Indonesia dalam Pertemuan Ilmiah Berkala yang bertajuk Kesiap-siagaan Indonesia dalam Antisipasi Wuhan Pneumonia di Gedung Pelayanan Publik Balitbangkes, baru-baru ini di Jakarta, menyatakan bahwa Indonesia siap untuk mengantisipasi wabah tersebut.

Terdapat 3 pilar pendekatan dalam mengantisipasi wabah tersebut, meliputi:

  1. Kemampuan mencegah dengan memperbaiki perilaku dan pengetahuan masyarakat terhadap penyakit tersebut.
  2. Kemampuan mendeteksi ditingkatkan terutama lewat pintu-pintu masuk negara, itu harus didukung oleh kemampuan rumah sakit ataupun klinik-klinik untuk dikirim ke laboratorium yang mampu.
  3. Kemampuan merespons penting kaitannya dengan penanganan layanan kesehatan, dan tentunya harus proporsional, sehingga tidak menimbulkan ketakutan.


Hal yang sama disampaikan oleh Kepala Puslitbang Biomedis dan Teknologi Dasar Kesehatan, bahwa laboratorium untuk mengantisipasi "new emegency" telah siap. Hingga kini, jejaring juga sudah dibentuk, diperkuat, dan diperluas mulai dari universitas, lembaga penelitian, dan rumah sakit yang akan membantu mengambil spesimen-spesimen dari kasus yang dicurigai.


Untuk diketahui, pada tanggal 31 Desember 2019, Pemerintah Tiongkok melaporkan ke WHO Western Pacific Regional Office di Manila. Pada 5 Januari 2020, WHO mengeluarkan statement pertama, saat ini beberapa kasus sudah muncul tapi belum diketahui penyebabnya. Pada tanggal 12 Januari 2020 disebutkan bahwa penyebabnya adalah Novel Coronavirus.

 

 

Silahkan baca juga: Starmuno, Membantu memperbaiki daya tahan tubuh

Image: Ilustrasi

Referensi:

Indonesia siap antisipasi wabah pneumonia di Tiongkok [Internet]. 2020 [cited 2020 01 20]. Available from: https://www.kemkes.go.id/article/view/20012000001/indonesia-siap-antisipasi-wabah-pneumonia-di-tiongkok.html

Share this article
Related Articles