Pemberian Ekstrak Jambu Biji pada Kasus Demam Berdarah Dengue, Efektifkah?
Wednesday, January 15, 2020

Pemberian Ekstrak Jambu Biji pada Kasus Demam Berdarah Dengue, Efektifkah?

Salah satu tanda dari infeksi demam berdarah dengue (DBD) adalah penurunan jumlah trombosit atau keping darah dalam sirkulasi tubuh yang di bawah nilai normal. Masyarakat kerapkali menggunakan jus jambu biji yang telah dikenal dengan khasiatnya untuk membantu menaikkan jumlah trombosit. Saat ini, telah beredar produk-produk ekstrak Psidii folium (jambu biji) yang dapat digunakan sebagai alternatif dari jus jambu biji. PT Kalbe Farma juga memiliki produk ekstrak jambu biji yang dilengkapi dengan elektrolit dan multivitamin, yaitu Trolit.

 

Beberapa studi lokal mengenai manfaat ekstrak jambu biji pada kasus DBD dapat kita temukan. Sebuah studi atas 93 pasien DBD derajat 1 hingga 2 di tiga pusat kesehatan utama di Indonesia (RS Dr.Soetomo Surabaya, RS Hasan Sadikin Bandung, dan RS Dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta) menemukan bahwa pemberian ekstrak jambu biji dapat meningkatkan jumlah trombosit secara signifikan pada kasus DBD.

 

Namun, hasil yang berbeda dijumpai pada studi yang dilakukan oleh susyanto BE, et al, di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, sebagai berikut: pemberian ekstrak jambu biji tidak berpengaruh terhadap percepatan kenaikan jumlah trombosit (dibandingkan kelompok kontrol), tetapi mempersingkat lama rawat inap di rumah sakit. Di balik keragaman data klinis penggunaan ekstrak jambu biji yang ada, produk ini dapat dipertimbangkan untuk diberikan pada penderita DBD, tentunya setelah berkonsultasi dengan dokter yang merawat.

 

Simpulan:

Ekstrak Psidii folium (jambu biji) yang diteliti pada sejumlah studi lokal menunjukkan manfaat yang beragam pada kasus DBD, yaitu meningkatkan jumlah trombosit serta mempersingkat lama rawat inap di rumah sakit.

 

Silakan baca juga: Pemberian Cairan Koloid untuk Demam Berdarah Dengue, Ini Manfaatnya

Image : Ilustrasi (<a href="http://www.freepik.com">Designed by Freepik</a>)

Referensi:

1. Soegijanto S, Azhali D, Tumbelaka AR,Rufiati R, Anggraini D, Karyati MR. Pediatric Research 2010;68:621 [Internet]. [cited 2020 January 14]. Available from: https://www.researchgate.net/publication/273892143_1254_

The_Role_of_Psidii_Guava_Leaf_Extract_to_Increase_Platelet_Level_in_Dengue_Virus_Infection

2. Susyanto BE, Solehah NA. Pengaruh pemberian ekstrak daun jambu biji (psidii extract) terhadap peningkatan angka trombosit pada anak dengan demam dengue dan demam berdarah dengue [Internet]. [cited 2020 January 14]. Available from: http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/5721?show=full

 
 

Please login or register to post comments.